7

Kisah Perjalanan Phinisi Nusantara Menuju Vancouver Canada

BONTOBAHARI
KLM PHINISI NUSANTARA yang melakukan pelayaran Jakarta - Vancouver (Kanada). Misi
ini merupakan dari keikutsertaan bangsa Indonesia dalam rangka EXPO 86 Vancouver.

KLM PHINISI NUSANTARA merupakan kapal layar asli buatan  bangsa Indonesia yang dibuat khusus oleh para ahli dari Tanaberu Bontobahari, Ujung Pandang (sekarang makasar). Konsepnya dibuat secara tradisional, tetapi dilengkapi dengan navigasi dan telekomunikasi yang canggih seperti peralatan komunikasi menggunakan satelit Inmarsat, yang merupakan sistem telkom tercanggih saat itu. Untuk tanda panggil (call sign) Perahu ini menggunakan kode YDYN.

Beberapa awak kapal yang ikut dalam pelayaran ini antara lain, Gita Ardjakusuma, pelaut dengan ijazah MPB I. Ia juga lulusan AAL Surabaya tahun 1968. Dalam pelayaran ini, ia bertindak sebagai nahkoda kapal. Kemudian berturut-turut Atok Issoluchi sebagai kepala kamar mesin, Amrillah Hasan (masinis), Mappagau (kepala kelasi), Rusli dan Muhammad Hatta (juru minyak), Hasyim (mualim II), Roy Rusdiman (juru masak), Bahtiar, Abdullah (pembantu umum) serta Pius Caro (wartawan KOMPAS).
Tepat, tanggal 9 juli 1986 dari dermaga Muara Baru Jakarta, Phinisi Nusantara dilepas secara resmi oleh Laks. Sudomo memulai petualangan baharinya. Rute yang diambil adalah Jakarta - Singapore, Singapore - Hongkong, Hongkong - Yokohama dan Yokohama - Vancouver. Tetapi karena pada waktu itu terjadi topan di perairan filiphina dan bagian selatan kepulauan jepang, maka satu-satunya jalan ialah menyusuri daerah katulistiwa ke arah timur dengan singgah di Honolulu, hawai. Rute yang terakhir inilah yang kemudian ditempuh.
Setelah melewati perjalanan panjang nan melelahkan selama 62 hari dan menempuh lebih kurang 10.600 mil dari Jakarta, PHINISI NUSANTARA tiba di Vancouver Canda. Ketika itu yang menyambut pertama kali adalah Adiwoso Abubakar, Duta besar Indonesia disana. Di arena EXPO 86 Vancouver tersebut, kapal tersebut bersanding dengan kapal duta bangsa lainnya, seperti Nippon maru milik Jepang.

Ditulis dengan gaya bahasa yang renyah, Pius Caro bisa menghadirkan pengalaman-pengalaman selama mengarungi samudera menjadi tulisan yang menarik untuk dibaca. Misalkan, ketika awak kapal harus berjuang mati-matian melewati badai Topan disamudera pasifik selama empat hari. Diceritakan. selama empat hari tersebut mereka harus "dipaksa" tidur dalam keadaan terombang-ombing gelombang besar. Bahkan, beberapa awak kapal sudah bersiap-siap dengan pelampung dan surat-surat penting yang dibungkus dengan plastik yang dikalungkan. Ketika ditanya penulis "untuk apa", mereka menjawab "Siap-siap, jika sewaktu-waktu tenggelam".

Ada juga kisah lucu, bagaimana awak kapal membunuh waktu dengan memancing sepanjang hari, tetapi justru menjadi bahan godaan rekan-rekan mereka yang lain. Bagaimana tidak? tarikan senar pancing yang menguat bukannya oleh ikan, tetapi sengaja ditarik oleh teman sendiri lewat buritan (belakang kapal).

Orang-orang yang tiap hari ditempa oleh ganasnya laut ternyata menjadi pribadi yang lebih hangat, bersahabat serta disiplin. Para pelaut selalu mengedepankan filosofi "dilaut kita bersaudara"

7 Responses to “Kisah Perjalanan Phinisi Nusantara Menuju Vancouver Canada”

Unknown said...
November 9, 2010 at 12:57 PM Reply To This Comment

salam sahabat salam kenal n sekalian izin follow
jika berkenan follow balik ya
terima kasih


desy said...
November 9, 2010 at 1:01 PM Reply To This Comment

kapalnya bagus ya


headline news update said...
November 9, 2010 at 1:42 PM Reply To This Comment

'tarikan senar pancing yang menguat bukannya oleh ikan, tetapi sengaja ditarik oleh teman' wakakaka ada-ada saja tapi kapalnya kereen banged :)


Syamsul Rijal said...
November 9, 2010 at 7:44 PM Reply To This Comment

phinisi memang hebat bos berlayar sampe keujung dunia sana...


Muza elbanaf said...
November 9, 2010 at 7:48 PM Reply To This Comment

dibalik kegagahan phinisi tersembul tali persaudaraan yg kuat sekuat kapalnya.


attayaya mobil keluarga said...
November 10, 2010 at 9:35 AM Reply To This Comment

kapal phinisi sememang membanggakan
telah kutulis juga sedikit di blogku


bintangair said...
November 10, 2010 at 1:30 PM Reply To This Comment

kapalnya kerennnn....
jadi pengen naek kapal trus nyontohin adegannya titanic
xiixixi


Post a Comment

GUNAKAN HAK ANDA UNTUK BERKOMENTAR

Subscribe


HANTU FACEBOOK PlanetBlog - Komunitas Blog Indonesia