5

Potensi Wisata yang Ada Di Kab. Bulukumba

BONTOBAHARI
Kabupaten Bulukumba terletak di bagian selatan Provinsi Sulawesi Selatan, berjarak 150 km atau sekitar 3 jam  dari kota Makassar. Luas wilayah Bulukumba adalah: 1.1544.67 km2, dengan perkiraan populasi 384.164 jiwa yang mendiami 10 kecamatan dengan 123 desa.
Masyarakat Bulukumba memiliki dua bahasa, yaitu bahasa Bugis dan bahasa Makassar  (konjo). Bulukumba merupakan salah satu tujuan wisata di Sulawesi selatan.
tanaberu-tanjung+bira

Bulukumba memiliki objek wisata yang lengkap. Secara umum Bulukumba  memiliki objek wisata alam, seni dan budaya, dan sejarah serta agrowisata.

Perpaduan alam dan dukungan budaya menjadikan Bulukumba daerah yang ideal untuk berwisata. Bulukumba telah dikenal di berbagai belahan dunia, berkat keahlian dari putra-putra Bulukumba membuat Perahu Phinisi, bahkan lebih dari itu  putra-putra terbaik Bulukumba telah memperlihatkan ke dunia Internasional tentang kemahiran dan keberaniannya berlayar .
PHINISI+NUSANTARA
Perahu Phinisi Nusantara mengarungi Samudera Pasifik sampai ke Vancouver Canada, Phinisi Hati Marege menembus laut bebas di selatan Timor-timur sampai  ke Darwin Australia, Phinisi Amannagappa berlayar ke Madagaskar, dan Damar Sagara melayari rute Bulukumba-Makassar-Samarinda-Jepang-Filipina-Amerika.

Ada beberapa tempat wisata di Bulukumba yang menarik untuk dikunjungi, seperti pembuatan Perahu Phinisi di Tana Beru, pantai pasir putih Tanjung Bira, pantai Mandala Ria, pantai Lemo-Lemo, pantai Samboang , puncak Pua Janggo, kawasan adat Amma Towa, makam Dato Tiro, permanian Alam Hila-hila, perkebunan Karet, dan permandian alam Bravo di Borong rappoa Kindang.

5 Responses to “Potensi Wisata yang Ada Di Kab. Bulukumba”

Mr.x said...
November 5, 2010 at 11:23 AM Reply To This Comment

sayang....sepertinya perhatian pemerintah untuk daerah2 yg masuk kawasan wisata masih perlu ditingkatkan lagi.


tips amazon store said...
November 5, 2010 at 2:02 PM Reply To This Comment

wisata yang menarik,makasih infonya :)


ulimayang said...
November 5, 2010 at 3:36 PM Reply To This Comment

hoho... makasi kunjungannya... aku follow blognya... heum, mantap wisatanya... gak hanya pemerintah tapi kita semua harus gencar promosi kayak gini ni posting banyak2 tentang potensi daerah kita.


kisah abu nawas said...
November 5, 2010 at 3:53 PM Reply To This Comment

indah mempesona fotonya


Kristiana said...
November 6, 2010 at 4:33 AM Reply To This Comment

ahiak....indah...amboyyy....


Post a Comment

GUNAKAN HAK ANDA UNTUK BERKOMENTAR

Subscribe


HANTU FACEBOOK PlanetBlog - Komunitas Blog Indonesia